DUTA DAMAI SUMUT GELAR KAMPANYE PERDAMAIAN MELALUI KESENIAN BERSAMA KOMUNITAS SASTRA SE-KOTA MEDAN

Duta Damai Sumatera Utara mengadakan kegiatan “Kampanye Perdamaian Melalui Kesenian” pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 di Lapangan Merdeka. Acara ini diadakan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan “Kampanye Perdamaian Melalui Kesenian” diikuti berbagai lembaga pers mahasiswa dan komunitas sastra se-Kota Medan, yaitu LPM Dinamika, LPM Lentera, LPM Suara USU, LPM Neraca, KORSAS Unimed, DIKSI dan Fokus Umsu. Masing-masing komunitas sastra menampilkan Baca Puisi, Dramatisasi Puisi, Musikalisasi Puisi, dan Vokal Solo.

Selain menggelar pargelaran seni dan sastra, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penggalangan tanda tangan untuk menjadi pelopor perdamaian sebagai upaya mencegah hoaks, ujaran kebencian, dan isu perpecahan. Di tengah meriahnya kegiatan, Wakil Gubenur Sumatera Utara Musa Rajekshah juga menyempatakan diri untuk berkunjung dan mengukir tanda tangannya pada nota kesepakatan perdamaian.

Fajar A.M. Dalimunte, selaku koordinator Duta Damai Dunia Maya Provinsi Sumatera Utara mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan, sebelumnya pada tahun 2018. Ia menjelaskan pada tahun 2019 ini mengajak lebih banyak komunitas untuk berkolaborasi agar semakin efektif dan efisien dalam mewadahi kreativitas para pemuda untuk menyerukan pentingnya perdamaian.

Alda Muhsi seaku perwakilan dari Duta Damai Sumut menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai upaya menggelorakan semangat Sumpah Pemuda serta membangun generasi masa depan yaang peduli perdamain serta menjadi pelopor untuk mencegah hoax dan ujaran kebencian.

Kegiatan “Kampanye Perdamaian Melalui Kesenian” ini diakhiri dengan pembacaan Ikrar Damai dan Sumpah Pemuda.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)