28 OKTOBER; TAK TERJADI APA-APA

Karya : Sisi Rosida

begitulah nyatanya,
tak ada yang ubah, semacam tak terjadi apa-apa.

jendela yang tak pernah terkunci saat larut. kalender di tubuh telah lama luntur, gelisah menjalar ke ranjang. layang-layang selalu lelah di tubuh pelipur duka. semacam hari tak pernah kubaca—tak tertulis dalam sejarah.

sementara gadis yang kau tinggal telah lama dewasa. ia telah mahir menyembunyikan lagu dalam deru. sedang ladang budaya digerogoti tetangga. benih-benih telah mati terjual sebelum sepuh. kantung-kantung penuh dengan lumbung nasi orang jalanan.

ini negeri orang yang bergairah memperkosa kata, mendudukkan asing dalam kerenta kencana. lalu disorongkannya laut pada kumpulan jelata.

oi, tanah itu telah lama mekar! kelebat hutan, tambang yang selalu terbang dari negeriku. kaukah itu yang selalu menangis di atas kudamu, kawan?

di sini orang lahir tanpa rasa cinta, balasmu.
ini negeri yang lahir dari takdir.

kuingat segala langkah dalam jejak yang berdarah. riuh pedang garang mengusir. lagu-lagu gunung murung dan kesepian. kau selalu berkata dengan lantang, walau mulutmu terbungkam.

tubuh terseok-seok dalam maut dan bau mesiu, dalam kumandang adzan, senyum burung gereja, dan curah gerimis tajam berjalan dalam perjuangan.

ketika derit engsel kota melolong kecemasan, kaulah orang yang selalu terjaga dengan pedang dan pikiran. bangsa ini takkan pernah ditumbuhi ilalang atau bangkai yang terbuang, tegasmu.
di ujung oktober, dengan segala cinta di penjuru dada, arah yang ditinggalkan langkah. sepi dari igauan malam yang selalu dipasungi mimpi. sebuah sumpah mengatarkan kita ikar yang takkan pernah lupa dari bekas perjuangan. kado dari pertikaian

pemudaku,
ini puisi yang lahir dari sepi, luka, dan derita
dari bangsa yang telah lama mati.

Medan, 2016

Puisi ini meraih juara I pada lomba cipta puisi sumpah pemuda pada perlombaan dari Universitas Nomensen yang diselenggarakan di TBSU, 22 Oktober 2016.

Biodata Penulis
Sisi Rosida. Lahir di Medan, 30 Januari 1995. Mahasiswa semerter VII Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Bergiat di Komunitas Labsas Teater Blok dan Komunitas Fokus UMSU. Karya-karyanya telah terbit dibeberapa media, seperti Harian Analisa, Waspada, Medan Bisnis, Sumut Pos dan Mimbar Umum.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)