Peluncuran Laman Sastramedan.com dan Bedah Buku Yulhasni

Rabu, 24 Agustus 2016 acara peluncuran laman sastramedan.com dan bedah buku “Senja Kala” kritik sastra karya Yulhasni diadakan di Gedung Tari Taman Budaya Sumatera Utara.

Acara ini dihadiri dari berbagai kalangan yakni akademisi, praktisi sastra, budayawan, Ketua Dewan Kesenian Medan, perwakilan Perpustakaan Daerah Sumatera Utara, awak media massa di Medan, komunitas sastra, dan lembaga pers mahasiswa (LPM) Medan serta perwakilan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari seluruh kampus di Sumatera Utara.

Kesuksesan acara ini tak lepas dari persiapan matang yang sudah lama digodok oleh panitia gabungan dari Komunitas Anak Medan Cakap Sastra (AMCS) dan Kelompok Studi Ampera UMSU. “Sekitar 2 minggu lebih dalam mempersiapkan acara kegiatan peluncuran laman sastramedan.com dan bedah buku karya Yulhasni”, ujar ketua panitia, Fitria Panjang.

Acara Grand launching Website Sastramedan.com dan Bedah Buku “Senja Kala Kritik Sastra” karya Yulhasni diawali dengan pembacaan puisi oleh Nasyifa dan Nurul halijah siswa Mts. Nurul Khairiyah Kecamatan Pantai Labu. Fitria Panjang, ketua panitia acara ini berharap semoga kesusastraan Medan dapat dinikmati oleh semua orang di dunia ini. “Dengan adanya laman sastramedan.com, semoga kesusateraan kota Medan bisa dinikmati dari belahan dunia manapun, sesuai dengan tujuan sastramedan.com yaitu mengabdikan jejak peradaban sastra kota Medan”, harapan Fitria Panjang dalam kata sambutannya.

Kegiatan peluncuran laman sastramedan.com berlangsung khidmat dan penuh antusiasme dari hadirin yang hadir. Dalam sambutannya, Ketua Dewan Kesenian Medan sangat mendukung upaya-upaya kreatif dan inovatif dari pemuda pemudi pegiat dan pecinta sastra untuk melakukan terobosan baru terhadap perkembangan sastra Sumatera Utara, khususnya Medan.

Sebelum dilakukan pemotongan pita sebagai prosesi peluncuran laman sastramedan.com, Dani Sukma AS, salah satu pendiri sastramedan.com dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari keberadaan laman sastramedan.com adalah sebagai pusat dokumentasi sastra Sumatera Utara, khususnya Medan.

Penggagas laman khusus sastra pertama yang para penulisnya diberi honor layaknya di kolom sastra media cetak ini juga menyampaikan bahwa untuk sementara ini tulisan yang diberi honor masih terbatas pada tiga kolom yakni kolom puisi, cerpen, dan esai. Sedangkan kolom berita, profil, pengajaran sastra, penelitian sastra, motivasi, dan lain-lain masih diupayakan untuk dicarikan pendanaan melalui kerja sama dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perkembangan sastra di Sumatera Utara.

Julaiha S. penulis muda kota Medan mengatakan, “Acara peluncuran laman sastramedan.com dan bedah buku Senja Kala Kritik Sastra karya Yulhasni cukup menarik sebab ada dua sisi yang dibahas di dalamnya namun saling berkelindan yakni sama-sama menilik tentang Medan.”

Peluncuran laman sastramedan.com telah membawa ruh baru baik bagi peminat, penikmat dan pegiat sastra di Indonesia, khususnya Medan. Kehadirannya membuka wawasan bagi pembaca baik warga Medan maupun di luar Medan untuk memahami budaya dan sastra berfokus pada lokalitas Medan. Ditambah lagi dengan pembedahan buku Senja Kala kritik sastra karya Yulhasni yang menekankan kegelisahan tentang minimnya nilai sebuah karya yang lahir dari penulis Medan dan minimnya pengkritik untuk mensortir kelahiran karya sastra rendah nilai tersebut. (Mawardah)

 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)