Apa itu sastramedan.com?

“Sastramedan.com adalah website yang fokus pada kepenulisan yang berupa karya sastra (cerpen, puisi, esai, dll), pengajaran sastra, profil praktisi, akademisi, dan komunitas sastra, kegiatan-kegiatan sastra, pengembangan dan penelitian di bidang sastra serta berita seputar sastra dan wisata sastra yang terdapat di Medan dan di Sumatera Utara secara umum.”

Website ini bergerak dalam bidang sosial pendidikan. Sastramedan.com menjadi wadah para pelajar, mahasiswa dan masyarakat dalam berkarya, mengembangkan, memasyarakatkan ide-ide maupun inspirasi yang dikemas dalam sastra. “Mengabadikan Jalan Peradaban,” sebagai slogan sastramedan.com merupakan pengejawantahan bahwa kehidupan sehari-hari sebagai jejak-jejak peradaban harus diabadikan dalam berbagai bentuk dokumentasi seperti tulisan. Ya, karena tulisanlah satu-satunya hal yang tidak lekang oleh masa.

Tulisan-tulisan yang dimuat dalam sastramedan.com berupa tulisan orang Medan dan atau Sumatera Utara serta, orang dari luar Sumatera Utara yang menulis tentang Medan atau Sumatera Utara.

Redaksi sastramedan.com mengapresiasi (reward) penulis di dalam rubrik Cerpen, Puisi dan Esai, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Karya yang diapresiasi berupa karya terbaik pertama pilihan redaktur dan karya terbaik pertama pilihan pembaca.

Pengembangan sastra berbasis website di Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya masih harus terus diinovasi lagi. Jika selama ini konten sastra itu menjadi bagian ’tambahan’ rubrik-rubrik website maupun koran, redaksi sastramedan.com mengemasnya dalam sebuah web khusus mengenai sastra. ”SUMUT MENULIS”, ini menjadi sebuah ajakan dan imbauan dalam meningkatkan budaya menulis dan secara implisit juga mengingkatkan budaya baca. Sastramedan.com diharapkan dapat menjadi wadah warga Sumatera Utara untuk mengekspresikan karya-karya terbaiknya. Menulislah orang-orang Sumut atau menulislah tentang Sumut.

Rubrik-rubrik yang dimunculkan sengaja dibuat dengan khusus menampilkan karya-karya sejenis sehingga pembaca semakin mudah mencari dan mengapresiasi dari sekian banyak karya sejenis. Berbagai rubrik/kolom yang disediakan seperti: Berita Sastra, Cerpen, Puisi, Esai, Pengajaran Sastra, Penelitian Sastra, Profil, Motivasi, Galeri dan lain-lain.

Sastramedan.com juga memiliki konten khusus yakni wisata sastra. Wisata sastra adalah sebuah tulisan mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Medan dan sekitarnya yang dibungkus dengan bahasa sastrawi yang unik dan menarik.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Enjoy this blog? Please spread the word :)